Tulis 3 pengalaman kepemimpinan yang pernah anda lakukan!

  1. Pada rapat formatur Musyawarah Ranting PR. IPM Darul Arqam Putra 2014-2015, saat itu saya kelas 2 MA di Ma’had Darul Arqam Garut, saya ditunjuk sebagai Ketua Lembaga Bahasa PR.IPM Darul Arqam Putra selama 1 periode, dibawah Bidang Umum tentunya yang di ketuai oleh Ahnaf Dliyaul Haq (sekarang menjadi mahasiswa KKI di UMY). Ini merupakan tantangan memimpin satu Lembaga dengan berbagai problematika, kegiatan di pesantren full dari 5 Shubuh sampai jam setengah sembilan malam, ditambah menjadi Ketua Lembaga yang harus memimpin Lembaga yang terkenal dengan English Skills yang melebihi rata-rata teman-teman lainnya. Selama menjadi Ketua saya ikhlas menjalankan amanah ini, berbagai masalah seperti kurang semangat para staff dibawah saya sehingga beberapa program kerja ada yang belum terlakssana, alhamdulillah selama saya menjadi Ketua Lembaga Bahasa saya menyumbang 2 piala dari lomba diluar (ada 2 piala lain tetapi rusak akibat ada yang menjatuhkan) untuk dipajang di etalase markas Lembaga Bahasa, dan melatih anggota yang kemudian menjadi pengganti saya, alhamdulillah lagi surat An-Nisa ayat 9 dapat di realisasikan (walaupun  tidak sepenuhnya).
  2. Pada acara pengkaderan Pelatihan Instruktur (PI) dari IPM DA saya ditunjuk sebagai Master Of Training (MOT) saat saya baru menjabat sebagai Ketua Lembaga Bahasa, tentu ini merupakan tantangan yang berat, karena selain mengkader adik-adik saya, saya juga harus muka tembok kepada teman-teman seangkatan saya yang mengikuti pengkaderan ini. Berbagai tantangan seperti mengkoordinir teman-teman panitia merupakan masalah yang lumayan berat, karena beberapa memiliki ego masing-masing, namun tantangan terberat adalah follow up dari pengkaderan ini. Namun, alhamdulillah beberapa target telah tercapai, salah satunya membuka pikiran bagi peserta untuk pentingnya militansi bagi Ikatan, walaupun hanya beberapa orang, tetapi ini sungguh nikmat dari Allah.
  3. Pada acara Pelatihan Fasilitator Pimpinan Ranting (PFPR) 2014 saya ditunjuk sebagai Lurah oleh teman-teman peserta, btw saat ini saya sebagai peserta yang diberi amanah untuk mengkoordinir teman-teman saya, berbeda dengan PKPM (Pelatihan Kader Pelajar Muhammadiyah) pengkaderan ini lebih menuntu kedewasaan peserta. Saya merasakan evoria dalam mengikuti pengkaderan ini, tantangan dalam mengkoordinir teman saya adalah sifat ego mereka dan sulit diatur, sehingga saya harus tahan dari kritikan pedas panitia, dan saat acara terakhir pengkaderan saya harus rela di gampar oleh Ketua Umum IPM Ahnaf Dliyaul Haq, dan dibanjur oleh panitia-panitia untuk membela teman saya (karena saya bertanggung jawab atas mereka). Alhamdulillah dari pengorbanan ini banyak simpati yang datang kepada saya, tentu ini merupakan nikmat yang Allah berikan kepada saya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s